3 Alat Bantu Mengembangkan Jaringan Usaha Mikro

Saya yakin bahwa Anda saat ini berada dalam kondisi menggebu-gebu untuk memulai usaha mikro secara online dan saya yakin bahwa Anda berniat untuk mengembangkan usaha itu menjadi besar, besar, dan lebih besar lagi. Dan ketika usaha Anda menjadi besar, mohon jangan lupakan saya (hahaha…). Dan sekarang, ketahuilah hal ini ketika Anda ingin mengembangkan jaringan bisnis usaha mikro secara online.

Kembangkan jaringan bisnis usaha mikro 01 dengan alat bantu ini
Di jaman ini sungguh kita sangat terbantu dengan adanya internet serta gadget yang semakin hari semakin melaju jauh hingga tak sanggup diikuti. Anda jangan khawatir, sebab saya pun merasa seperti itu pada awalnya. Tetapi yakinlah bahwa, belajar itu menyenangkan. Di usia muda ataupun tua, belajar itu tidak ada hentinya. Lagipula, bila kita berhenti belajar dan berpikir, itu justru membawa dampak buruk bagi kesehatan kita ya kan? Jadi jangan takut dan teruslah melaju seperti roket! jangan kalah dengan mereka yang lebih tahu tentang internet, tentang gadget, jangan kalah dengan mereka yang lebih banyak tahu tentang apapun sebab ilmu itu tidak akan ada habisnya. Tiap hari bahkan setiap saat pasti ada saja hal baru yang bisa dijadikan sebagai ilmu pengetahuan, jika kita mau belajar sejenak, berpikir sejenak.
oke-oke saya paham, berkhotbah mengenai ilmu itu sangat membosankan.
Intinya adalah gadget itu harus dimiliki jika Anda ingin mengembangkan jaringan bisnis secara online. Tidak masalah jika gadget yang dimiliki hanya smartphone sederhana asalkan Anda bisa mengoperasikan tiga aplikasi dasar ini. Setelah mahir, barulah kita menjelajah ke aplikasi smartphone lain dan manfaatkan semua aplikasi itu semaksimal mungkin, seoptimal mungkin, bahkan setiap hari. Ya! setiap hari.
Top tips: Hampir setiap orang memiliki blackberry messenger dan facebook. Gunakan kedua aplikasi ini secara maksimal melalui smartphone Anda untuk menjaring bisnis lebih banyak demi mengembangkan usaha.

Kembangkan jaringan bisnis usaha mikro 02 dengan alat bantu ini
Laptop dan atau notebook lebih baik daripada tablet apalagi smartphone, jujur saja. Sebab, banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan jaringan bisnis baru ataupun memasarkan produk/jasa dengan menggunakan laptop dan atau notebook misalnya pembukuan dan korespondensi dengan menggunakan perangkat lunak microsoft office, mengedit foto, mengedit video, menulis dan mencetak, dan inilah yang paling dibutuhkan untuk mendesain situs resmi tentang profil usaha Anda untuk E-commerce. Ingatlah ini, seperti yang saya beritahu di awal, smartphone sederhana pun sudah cukup sebagai modal dasar mengembangkan jaringan bisnis secara online. Bila Anda tidak memilikinya, jadikan itu sebagai motivasi Anda untuk lebih giat lagi menjalankan usaha yang dipilih. Lebih giat lagi dan semangat terus, hadapi halang-rintang secara bijaksana. Tenang, saya akan memandu Anda menuju ke sana, konsultasikan saja persoalannya di sini.
Tablet memiliki fungsi yang lebih sederhana daripada laptop dan mengoperasikannya juga sama mudahnya dengan smartphone. Bedanya adalah, layarnya lebih besar, kecepatan lebih tinggi, dan Anda dapat membuat pembukuan serta korespondensi bisnis di tablet. Kapasitas penyimpanan yang lebih besar sangat membantu usaha Anda dalam mendokumentasikan foto-foto dan video dalam jumlah yang banyak. Kelebihannya dibandingkan dengan laptop? tablet lebih ringan, lebih kecil, dan bisa dibawa kemanapun. Anda bisa memperlihatkan portofolio dalam bentuk digital ke semua orang pada saat presentasi di manapun dan kapanpun mengenai produk/jasa yang Anda tawarkan tanpa direpotkan oleh kabel-kabel.
Top tips: bangun profil Anda di sebuah blog dan media sosial agar mereka mengenal Anda lebih dekat hingga percaya kepada Anda. Pepatah lama ini sangat berguna, “tak kenal, maka tak sayang”.

Kembangkan usaha mikro 03 dengan alat bantu ini
Pembukuan dan korespondensi bisnis itu adalah hal penting dalam mengembangkan usaha mikro. Tanpa pembukuan keuangan yang baik, perusahaan Anda terlihat pincang. Sama, saya juga merasakan hal seperti itu, pembukuan itu ribet apalagi bila berhubungan dengan akuntansi. Tapi mari kita sama-sama belajar tentang pembukuan, ilmu itu memang tidak ada habisnya. Siapa yang tidak ingin sukses? saya ingin sukses, Anda pun ingin sukses. Mari kita sukses bersama-sama! jadi ingatlah bahwa belajar itu menyenangkan dan sungguh akan membawa kebaikan bagi usaha yang sedang Anda jalankan.
Lantas, apa alat bantu yang ke tiga ini? printer. Gunakan printer ini untuk mencetak berbagai kebutuhan pemasaran bisnis Anda seperti korespondensi, proposal, memperkenalkan merek dagang, dan lain-lain yang berhubungan dengan kertas. Printer adalah sobatnya laptop, tetapi Anda tidak perlu khawatir bila belum memiliki kedua alat ini sebab bagaimanapun juga alat bantu hanyalah “alat bantu”. Anda tidak harus memiliki ketiganya seperti yang diberitahu di awal, smartphone saja sudah cukup sebagai modal dasar khususnya smartphone yang terhubung ke internet.
Top tips: memperkenalkan merek dagang dari produk/jasa kepada khalayak sangat penting untuk mengembangkan usaha. Pencatutan merek pada kolom alamat tertuju dan invoice sangat membantu Anda dalam memperkenalkan merek dagang.

Sampaikan cerita Anda di bagian komentar, dan komentar Anda sangat bermanfaat bagi para pembaca. Dan bila catatan informasi ini bermanfaat bagi Anda, silahkan tekan tombol “LIKE” dan sebarkan ke media sosial Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s