3 Cara Halal dan Mudah Membangun Bisnis Secara Online

Bila Anda memutuskan untuk berbisnis secara halal dan online, maka sambungan internet adalah hal terpenting bahkan wajib ada.
 
Di jaman ini semua orang bisa menggunakan smartphone, tidak terkecuali anak balita. Anda bahkan bisa bertanya kepada siapapun bagaimana cara menggunakan smartphone mulai dari mengirim pesan, menjelajahi internet, melakukan salin dan kutip, menguasai unduh dan unggah, hingga menggunakan beberapa aplikasi dalam smartphone tersebut. Jaman ini memang hebat dan akan semakin hebat, Anda juga harus hebat.
Anggaplah Anda tahu jenis produk atau jasa seperti apa yang akan dijadikan bisnis di rumah. Contoh kecil, Anda akan menjual produk craft atau kerajinan tangan yang Anda bikin sendiri karena hobi ditambah lagi Anda memang berbakat di bidang itu. Lantas, apakah Anda hanya akan membuat, membuat, dan membuat tanpa melakukan usaha lebih untuk menjual produk tersebut?
Pertimbangkan hal ini, suatu produk atau jasa akan sampai kepada pengguna setelah melalui rantai distribusi di mana dalam rantai itu ada proses pemasaran. Ambil yang paling gampang, Anda mendistribusikan produk tersebut tanpa perantara artinya langsung ke konsumen. Tetap saja, Anda harus melalui proses pemasaran agar konsumen tahu bahwa produk buatan Anda ada bagi mereka. Lebih jauh lagi, Anda bisa menjelaskan agar mereka mengerti apa manfaat dari produk Anda.
Ini bukan hal yang rumit dan merepotkan. Coba lihat smartphone Anda, di sana sudah tersedia empat jenis aplikasi yaitu google mail, yahoo mail, facebook, dan blackberry messenger. Aplikasi yang lain juga tersedia, namun Anda hanya butuh tiga aplikasi yaitu e-mail, facebook, dan blackberry messenger untuk memulai bisnis secara online. Mengapa?
Aplikasi 01 untuk berbisnis secara halal dan online
Surat elektronik atau e-mail sudah ada dari jaman internet ditemukan. Itu sudah lama sekali, bahkan generasi X begitu menguasainya. Maka tidak ada alasan bagi Anda untuk bermalas-malasan mempelajari sesuatu. Bila kita ingin hebat setidaknya bagi diri sendiri, kita harus mau mempelajari sesuatu. Tidak ada yang rumit, sebab di jaman sekarang ini Anda bisa mendapatkan segala informasi secara GRATIS di google. Tanyalah kepada teman, sahabat, atau bahkan keluarga Anda mengenai cara membuat akun di e-mail pilihan. Tentu saja mereka akan memberitahu Anda dengan senang hati. Tekad yang kuat dan semangat membara adalah yang Anda butuhkan.
Top tips: Memiliki akun e-mail adalah modal paling mendasar untuk segala hal yang berhubungan dengan internet. Dengan memiliki e-mail, Anda dapat menggunakan facebook, bbm, bahkan aplikasi lainnya. Sudah seharusnya kita takjub akan perkembangan jaman sekarang ini.
Aplikasi 02 untuk berbisnis secara halal dan online
Akun e-mail sudah ada, Anda bahkan sangat lihai menggunakan aplikasi di dalamnya. Coba tanya keluarga dan teman Anda, apakah mereka punya akun facebook? bila iya, undang mereka semua agar terhubung dengan akun facebook Anda. Jalin silaturahmi dengan mereka di facebook, setidaknya Anda berusaha untuk memberikan semangat jika mereka punya masalah. Coba pertimbangkan ini, siapakah di dunia ini yang tidak suka diberi perhatian? Asalkan Anda bisa menjalin hubungan baik dengan orang-orang terdekat apalagi mereka yang baru Anda kenal di facebook, maka mereka pun akan dengan senang hati membantu Anda kelak.
Top tips: kuncinya adalah menjaga hubungan baik, mendengar cerita mereka, kemudian berbagi ilmu. Sebenarnya Anda dapat mempromosikan produk bisnis di facebook. Hanya saja, jangan sampai promosi bisnis Anda mengganggu pertemanan. Meminta mereka untuk menyebarkan berita tentang produk Anda juga tidak masalah. Percaya saja bahwa mereka bersedia membantu Anda.
 
Aplikasi 03 untuk berbisnis secara halal dan online
Blackberry messenger (bbm) kini sudah merambah ke pengguna smartphone Android dan setiap orang setidaknya punya satu akun bbm. Apa yang Anda lakukan di facebook, lakukan hal yang sama di bbm. Sapa teman Anda sesekali baik di facebook atau bbm, tujuannya murni untuk silaturahmi. Kemudian Anda bisa memanfaatkan fitur broadcast di bbm untuk mempromosikan produk-produk tersebut kepada teman. Jangan lupa memberitahu mereka untuk menyebarkan berita itu kepada temannya yang lain.
Bila Anda sudah mahir menggunakan ketiga aplikasi itu maka Anda siap melangkah ke jenjang yang lebih tinggi, Anda siap mengembangkan bisnis secara online dan berapapun usia, apapun latar belakang Anda, teknologi masa kini tidak menjadi hambatan bagi Anda untuk terus melaju menuju sukses.
Apakah informasi ini berguna bagi Anda? bila iya, silahkan “share” informasi ini. Komentar Anda di sini juga sangat berguna bagi para pembaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s