Cuma Satu Rahasia Sukses Menulis Blog

sumber foto: Tripadvisor

Menulis itu adalah bakat, gak juga. Itu menurut saya lho, kerena apa? karena bagi saya menulis itu adalah suatu aktivitas yang menyenangkan. Saya gak berbakat menulis, itu sebabnya saya gak berprofesi sebagai jurnalis atau novelis. Tetapi saya ingin memberitahu Anda satu rahasia dalam menulis yaitu mengerti bahasa ibu.

Siapa yang gak mengerti bahasa ibu? Tidak masalah bila akhirnya Anda memutuskan untuk menulis blog pribadi dalam bahasa internasional dengan tujuan supaya go-international. Baik juga bila Anda menulis blog dengan menggunakan bahasa daerah karena memang hanya itulah bahasa ibu yang Anda mengerti. Saya dukung apapun agar Anda melaju pesat selama itu positif dan bermanfaat. Tetapi, syarat yang paling mendasar adalah Anda mengerti bahasa ibu, entah itu bahasa daerah, bahasa nasional, atau bahasa asing.

Misalnya begini, Anda tersadar bahwa menulis catatan atau jurnal pribadi di sebuah blog itu menyenangkan. Lalu Anda ingin bercerita mengenai kegiatan Anda di kampus bersama teman dekat di blog pribadi itu. Lebih spesifik lagi, Anda ingin berbagi cerita mengenai makanan kesukaan di sebuah cafe yang Anda kunjungi bersama teman dekat tadi siang. Anda mengambil beberapa foto dan mengunggahnya ke jejaring sosial. Kami sebagai pengikut Anda di jejaring sosial tentu menginginkan cerita di balik foto-foto itu. Lantas, Anda harus memulai dari mana?
Gak perlu pusing bila Anda dihadapkan dengan kertas kosong dan harus menulis sesuatu di atasnya. Tulis apa saja yang pertama kali terbesit di benak Anda mengenai kegiatan tadi siang. Misalnya, kata yang pertama muncul adalah “teman dekat” atau “Karolina” berhubung teman dekat yang menemani Anda makan siang di cafe tadi bernama karolina.
Ceritakan tentang si karolina ini, bagaimana Anda bisa berteman dengannya dan apa pendapatnya tentang makanan yang Anda santap bersama tadi? meskipun Anda hanya bisa menceritakan sebanyak satu paragraf, tidak masalah. Kami sebagai pembaca juga sudah terhibur dengan cerita bahagia itu. Berbagi cerita bahagia kepada orang lain itu dapat menularkan kebahagiaan juga, makanya menulis blog itu kegiatan yang menyenangkan.
Bagi Anda yang menggeluti bisnis rumahan, usaha mikro, atau membangun jaringan pemasaran secara online, maka sebaiknya Anda memiliki blog untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, dan supaya tim Anda bisa mengenal pemimpinnya lebih dekat. Anda tidak memiliki waktu untuk bertatap muka dengan mereka di luar jam kerja, maka cara terbaik agar mereka dapat mengenal Anda adalah dengan membaca jurnal Anda di blog, berharap jurnal Anda tersebut dapat menginspirasi mereka. Lagipula berteman itu menyenangkan, mengenal mereka lebih dekat itu menyenangkan bukan?
Apakah catatan ini bermanfaat bagi Anda? bila iya, silahkan sebarkan ke jejaring sosial Anda. Apakah Anda memiliki pengalaman tertentu dalam menulis? komentar Anda di sini bermanfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s