Cari tau: sumber vitamin C yang baik untuk anak Anda

272061-playhouse-disney-s-the-book-of-pooh-a-story-without-a-tail

Halo para pembaca…

Pernah dengar kata “Ascorbic Acid” ? Gampang mengejanya?

Melihat tulisannya aja bikin sakit kepala ya, hahaha…

Trus, pernah dengar kata “bioflavonoid” ?

Sama aja, mengejanya aja bikin lidah terpelintir.

Tapi mau gak mau kita kudu tau tentang dua kata itu karena ternyata dua kata itu banyak dijumpai di label kemasan jus buah favorit anak kita termasuk juga dalam label kemasan suplemen vitamin C yang dikonsumsi anak kita.

Kita memberi anak jus buah, buah-buahan seger, dan atau suplemen makanan berupa vitamin C karena kita sadar betul akan pentingnya kesehatan anak. Bahkan kita menyuguhkan minyak ikan setiap pagi kan? dengan harapan seperti ini:

👉 anak kita cepat berpikir

👉 cepat menangkap pelajaran

👉 otaknya sehat

👉 Tubuh sehat gak gampang sakit

Inilah harapan kita sebagai orangtua demi masa depan anak. Harapan dibarengi dengan tindakan pastinya. Itu sebabnya kita pun membekali mereka dengan sarapan sehat bergizi termasuk lah susu, minyak ikan, dan vitamin C. Alhamdulillah… anak-anak kita pun sehat, gak mudah terserang penyakit. Kenapa? karena itulah fungsi vitamin C sebagai antioksidan.

Ibarat metal yang sering terpapar cuaca panas-dingin-hujan hingga berkarat, begitu pula dengan tubuh kita yang setiap hari terpapar cuaca plus polusi ibukota yang mengandung logam berat tingkat tinggi seperti timbal dari asap knalpot sehingga membuat kondisi tubuh teroksidasi. Itu pula sebabnya tubuh anak apalagi kita orang dewasa membutuhkan antioksidan kan?

Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang paling mudah ditemukan; swalayan, apotek, toko buah, ada yang bisa beli secara online juga. Gampang banget… buah jeruk jelas mengandung vitamin C dan sumber alami yang bisa kita dapatkan di toko buah. Banyak lagi sumber alami lainnya seperti cabai yang pedas itu.

Gimana kalo jeruk lagi gak musim? tenang… ada jus buah. Di dekat rumah ada gerai mini yang menjajakan minuman jus segar asli dari buah-buahan termasuk jeruk. Pasti ada aja jeruk dan buah-buahan lain di gerai jus itu, ada aja supliernya. Tapi kalo lagi asem, tetap aja asem dan anak-anak gak suka. Terpaksa deh kudu beli berbagai rasa jus buah segar itu demi kesehatan anak. Alternatif lain… makan cabai.

Ada jus buah dalam kemasan berlabel di swalayan, ini bisa dijadikan alternatif asalkan pilih yang mengandung sedikit sekali ascorbic acid karena ternyata ascorbic acid itu merupakan sumber vitamin C dari bahan sintetik, artinya melalui proses kimiawi yang kita pun cukup pusing lah sehingga terbentuk ascorbic acid sebagai salah satu bahan pembentuk vitamin C. Mau gimana lagi? teknologi sudah semakin canggih dan kita gak bisa terus-terusan hidup seperti di jaman batu.

Kita gak perlu phobia terhadap apapun sebab takdir berjalan semestinya. Belanja saja di mana pun yang kita suka dan pilih vitamin C apa saja yang sesuai dengan kriteria kita. Jika vitamin C yang dipilih berasal dari bahan alami, tentu lebih baik. Apalagi jika dosisnya akurat sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh anak dan kita.

Berikut contoh sumber vitamin C alami yang baik untuk kesehatan anak: jeruk, cabai, acerola cherry, berry, blackberry, cabai, lemon, jeruk nipis, dan sebagainya. Kandungan vitamin C yang berasal dari sumber alami tanpa pemanis dan pewarna adalah yang paling baik. Kita pun ingin sekali memberi yang terbaik untuk mereka agar meningkatkan sistem imun dalam tubuh sehingga gak gampang sakit. Mandi hujan pun hajarrrr…

Aku merekomendasikan vitamin C dari ekstrak buah acerola cherry sebagai sumber alami vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anak. Suplemen acerola cherry vitamin C ini bisa dikunyah, tanpa pewarna dan pemanis buatan. Total organik pula!

Anakku yang masih balita LANGKA sekali mengkonsumsi obat-obatan sejak diberi acerola cherry vitamin C yang organik tiap pagi sebelum berangkat sekolah, alhamdulillah.

Bagaimana dengan Anda? adakah tips spesial memilih vitamin C yang bersumber alami buah-buahan dan tanaman organik tanpa pemanis dan tanpa pewarna sintetik? sampaikan komentar Anda di sini, para pembaca lain membutuhkannya.

Tanya-jawab manfaat dan bagaimana mendapatkan acerola cherry vitamin C yang organik, silahkan hubungi kami via LINE @nutridetox

Sumber pustaka:

ACS publications 1982

ACS publications 1995

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s