Sukses bisnis rumahan: pemasaran via facebook

Halo para pembaca…

Menjalankan bisnis rumahan Anda bersama pasangan itu impian kita semua. Aku dan liebling mulai memikirkan ini sejak lama dan memutuskan untuk menjalankan bisnis rumahan bersama-sama karena berdua lebih baik daripada sendiri. Anda juga berpikiran seperti itu kan? awalnya hanya aku yang menjalankan bisnis konvensional seperti buka stand di bazar, buka stand di pekan raya, sampai menjalankan bisnis online (e-commerce) seorang diri. Aku bahkan pernah menjalankan bisnis bagian hulu yang menggaji beberapa karyawan di bagian produksi dan administrasi. Aku bosnya, aku pemimpinnya, dan menjalankan bisnis itu sendiri ditemani beberapa karyawan. Bisnis kecil-kecilan lah… tapi liebling gak ikut berperan, aku jalan sendiri. Banyak rintangan yang dihadapi hingga akhirnya aku dan liebling memutuskan untuk melakukan bisnis modern tren abad 21 bersama-sama. Ternyata bener, berdua lebih baik daripada sendiri.

Bisnis modern tren abad 21 banyak diminati oleh banyak orang mulai dari kawula muda hingga dewasa karena konsepnya yang mudah dan minim biaya produksi. Beda sekali dengan bisnis konvensional yang mengharuskan kita ikut bekerja seperti memantau karyawan, memantau toko, memantau produksi, dan tugas CEO lainnya. Di bisnis modern tren abad 21, kita berbisnis dengan cara yang lebih modern seperti e-commerce. Aku dan liebling memilih berbisnis e-commerce (bisnis online) yang bisa dilakukan liebling sambil ngantor, juga aku sebagai ibu rumah tangga. Direct selling adalah bisnis modern tren abad 21 yang menggunakan teknologi e-commerce dan cocok untuk segala usia. Sebab di jaman sekarang, semua orang punya gadget dan wajib tahu iptek.

Bisnis e-commerce memerlukan pemasaran jaringan atau networking agar arus kas jalan terus meskipun kita gak punya toko, gak menyetok barang, gak memproduksi barang, gak mengeluarkan biaya iklan, dan biaya produksi lain. Direct selling dipasarkan dengan cara memperluas jaringan dan menggunakan teknologi e-commerce untuk menghubungkan konsumen dengan penjual. Ya, ada barang yang dijual. Itu sebabnya direct selling yang memerlukan pemasaran jaringan bukan money game melainkan bisnis e-commerce yang prosumer. Aku dan liebling menjalankan bisnis e-commerce rumahan ini bersama-sama dan mengembangkan jaringan pemasaran melalui media sosial seperti facebook.

Namun menjalankan bisnis di facebook bukan semudah membalikkan telapak tangan. Ada metode, tips dan trik agar kita menjadi pebisnis e-commerce sukses yang memperluas jaringannya melalui facebook. Jika tips di bawah ini diterapkan, mudah-mudahan bisnis e-commerce Anda pun berkembang meningkat.

Apa yang GAK boleh dilakukan?

👍 di setiap status yang Anda publikasikan di laman profil facebook kebanyakan berisi iklan bisnis rumahan Anda. Ogah menulis status tentang kisah Anda bisa bikin minus pengunjung.

👍 men-tag temen, apalagi temen yang gak pernah ketemu sejak tamat SD.

👍 mempublikasikan bisnsi rumahan Anda di laman profil FB orang lain, apalagi yang gak dikenal atau dah lama banget gak ketemu dia. Bayangkan jika laman profil Anda berisi status dagangan orang lain.

👍 memasukkan temen-temen Anda yang dah lama gak ketemu apalagi orang yang baru dikenal ke grup yang baru Anda buat. Banyak yang kesal jika Anda melakukan hal ini.

Apa yang boleh dilakukan?

👍 bikin laman fanpage facebook khusus untuk mempublikasikan bisnis rumahan.

👍 mengundang teman untuk menyukai laman fanpage facebook yang berisi ulasan bisnis rumahan yang Anda jalankan.

👍 jika ingin banyak pengunjung, lakukan aturan update status 80-20 yaitu 80% berisi kisah Anda atau informasi penting bagi pelanggan dan 20% berisi iklan bisnis rumahan.

👍 publikasikan kisah menarik tentang Anda sebagai pebisnis. Ini akan menarik pengunjung untuk menyukai laman fanpage facebook.

👍 undang kelompok kecil ke dalam event yang diselenggarakan oleh perusahaan Anda. Bisnis rumahan Anda menjadi berkualitas jika dipresentasikan ke kelompok kecil, bukannya ke 100 orang yang gak fokus.

Okay, begitulah tips agar Anda sukses menjalankan bisnis e-commerce rumahan dan memperluas jaringan melalui media sosial seperti facebook.

Apakah tips ini bermanfaat bagi Anda? jika ini bermanfaat bagi seseorang yang dikenal, silahkan berbagi. Sampaikan juga komentar Anda di sini, para pembaca membutuhkannya.

Memperluas jaringan dalam menjalankan bisnis rumahan itu merupakan kunci sukses. Aku dan liebling memperoleh pendapatan ekstra tiap bulan menjalankan bisnis e-commerce ini karena mengikuti edukasi TQG yang telah teruji mencetak banyak orang sukses dan ada cabang di berbagai negara. Untuk tanya-jawab, silahkan hubungi kami via LINE @glowithme

Iklan

Published by

indrihandayani

Indri, begitu panggilannya, adalah seorang make-up artist dan esthetician, spesialis di bidang Artistry dan kini sedang belajar mengenai fitonutrisi. Dia tergabung ke international entrepreneurial membership of TQG, suatu sistem entrepreneurship internasional yang memiliki teknik teruji dan ada cabang di berbagai negara. Ngeblog adalah Passion dan berdagang adalah pilihan hidup. Baginya, Shinhwa itu vitamin dan kalo udah selesai semua kerjaan, dia mengisi waktu dengan kristikan sambil menikmati personally brewing of iced americano.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s