WOWme tentang karakter para pelaku jaringan pemasaran

Karakter yang dimiliki oleh para pelaku jaringan pemasaran ini sebenarnya dimiliki juga oleh kita, masyarakat awam. Kita yang gak pernah menyentuh dunia bisnis punya ketakutan pada hal-hal di luar kendali. Pastilah, itu sebabnya kita diciptakan sebagai makhluk yang berakal oleh Allah SWT. Ketakutan itu dimaksudkan agar kita rajin beribadah, rajin meminta kepada Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Para pelaku jaringan pemasaran memiliki karakter berani, lebih berani dari kita. Keberanian ini pada dasarnya sudah terpola dalam otak kita (J. Clifton dan S.B. Badal, 2014) yang terbentuk dari waktu ke waktu.

Mungkin pada dasarnya kita memang penakut, tapi setelah menghadapi berbagai situasi dan kondisi, pola pikir pun berubah menjadi lebih berani.

Our basic personality characteristics are a function of our brain circuitry, enduring, and stable over time and across different situations. ~J.Clifton and S.B. Badal, 2014~

Waaaa kalo ngomongin karakter dan personaliti memang bukan kita ahlinya, para pembaca yang punya latar belakang psikologi bisa beri komentar di sini okay… para pembaca lain membutuhkannya.

Tapi hakikatnya begini para pembaca… awalnya kita memang takut memulai bisnis, entah itu membuka toko kelontong, toko grosir, e-commerce, bisnis mlm, jaringan pemasaran, atau mengikuti suatu perlombaan misalnya. Bersyukur kita diberi rasa takut, sebab untuk mengingatkan kita bahwa ada Allah SWT yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Kita kan makhluk ciptaan-Nya, jadi sudah sepatutnya kita beribadah kepada-Nya. Kepada siapa lagi kita meminta keberanian jika bukan kepada Maha Pencipta? kita gak mungkin memilih berdukun.

Membahas karakter dan personaliti gak ada habisnya. Bahkan seorang peneliti di Jerman menyimpulkan begini, seseorang yang memiliki karakter efektifitas dalam dirinya seperti mampu mengerjakan tugas-tugas dengan baik memiliki kecenderungan berhasil dalam berdagang. Wooowww… bahaslah jika kita mampu dan kalo di antara kita pernah merasa bahwa “oh, aku gak bisa mengerjakan ini dan itu… kayaknya bakal susah banget…” well yakinlah bahwa ada Allah SWT yang Maha Pengasih. Kalo kita berniat aja, misalnya berniat mau sukses di bisnis jaringan pemasaran, ya berikhtiar, belajar, bekerja keras, beribadah… trus memohon kepada-Nya.

Begitulah pendapatku… bagaimana dengan Anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: