Ada 10 tips memilih kosan terbaik

Kuliah di universitas favorit menjadi impian semua siswa yang baru lulus. Ketika berita kelulusan ujian masuk perguruan tinggi diumumka, semua orang bersorak gembira bahkan sujud syukur atas rejeki yang diberikan-Nya. Kamu lulus masuk ke perguruan tinggi negeri itu rejeki loh. Eeettt jangan salah, ujian masuk perguruan tinggi swasta favorit juga gak kalah susahnya loh. Menjadi bagian dari mahasiswa di universitas favorit baik itu negeri dan swasta itu suatu kebanggaan bagi orangtua. Makanya ketika kamu lulus, tuh papa-mama bela-belain nemanin kamu ke ujung dunia buat mencari kos-kosan yang aman dan nyaman buat kamu soalnya kamu bakal menjalani kehidupan baru sendirian selama empat tahun, tanpa kehadiran orangtua. Huiiihhhh syeraaammm…

Gak…

Hidup mandiri itu baik kok dan kamu juga bakal bertemu dengan teman baru yang senasib sepenanggungan hahaha. Sama-sama cekak… sama-sama bolos kuliah… sama-sama di organisasi kemahasiswaan… sama-sama ngekos… sama-sama apalagi yah? banyak deh… berteman dengan teman kosan pasti seru banget dan sewajarnya kamu berbuat baik kepada mereka sebab mereka lah pengganti keluarga kamu ketika hidup berjauhan dari orangtua. So, kamu kudu pilih teman kosan yang baik. Teman kosan yang baik berada di kos-kosan yang baik pula, beneran. Berikut tips mencari kos-kosan yang aman dan nyaman:

  1. Sesuaikan tarif kosan dengan anggaran keuangan papa-mama kamu yah, jangan sampai orangtua kita keteteran banting-tulang kesana-kemari demi membayar uang sewa kosan yang mahalnya selangit. Kosan yang murah bukan berarti buruk loh.
  2. Perhatikan lokasi kosan. Lokasi yang paling baik adalah dekat dengan kampus, bisa ditempuh dengan berjalan kaki, berada di jalan arteri (bukan di pinggir jalan raya), dan usahakan berada dekat dengan gedung kos-kosan lainnya, hindari juga lokasi kosan yang jauh dari keramaian. Apalagi perempuan nih… kamu kudu cari lokasi kosan yang ramai penduduk, berada di kawasan kos-kosan mahasiswa, dan dekat dengan kampus. Soalnya kamu bakal pulang larut malam suatu saat.
  3. Pilih kosan yang khusus putri atau putra. Hindari kosan umum yah, apalagi buat putri nih. Soalnya suatu saat orangtua bakal datang mengunjungi kita dan butuh tempat menginap. Kalo kosannya campur putra-putri bakalan gak nyaman banget tuh. Kebanyakan fakta nih, kalo kita dulunya ngekos di kos-kosan khusus putri, maka teman-teman kosan kita itu bakal menjadi sahabat sampai nenek-nenek loh dan kehidupan mahasiswa kamu lebih seru! senasib – sepenanggungan kan…
  4. Kamar mandi di dalam! ini penting banget demi menjaga kesehatan kelamin okay… kosan dengan fasilitas kamar mandi di dalam memang lebih mahal daripada kosan dengan kamar mandi umum. Sesuaikan dengan anggaran keuangan lalu pilih kosan dengan kamar mandi paling bersih, lantai keramik, dan WC bersih.
  5. Pilih kosan dengan fentilasi cukup terang, supaya kamunya gak sakit-sakitan, gak lesu.
  6. Trus perhatikan alur pembuangan sampah, apakah ada yang mengumpulkan sampah rumah tangga kamu lalu dikumpulkan di TPS atau dibuang ke sungai? dibuang ke selokan? amit-amit deh… sebagai masyarakat yang bertanggung-jawab, sebaiknya kita memilah sampah dan buang sampah pada tempatnya kan.
  7. Pilih kosan yang menyediakan dapur umum dan ada kulkasnya juga. Makanan di warung gak semuanya sehat dan terkadang menguras kantong loh. Meskipun cuma masak telur dadar di dapur, itu lumayan menghemat juga.
  8. Pilih kosan yang membolehkan orangtua kita menginap tanpa dipungut bayaran maksimal tiga hari. Ada juga kosan yang memungut bayaran ke orangtua kita yang menginap dan itu sumpah mengesalkan. Mana orangtua datang jauh-jauh datang dari kampung, hadeuuuhhh…
  9. Pilih kosan yang membolehkan kamu membawa rice cooker dan water heater tanpa dipungut bayaran listrik tambahan. Come’on… rice cooker dan water heater itu watt-nya kecil dan dipakainya juga jarang. Kalo kamu bawa TV dan kulkas, well… mungkin itu memerlukan kesepakatan dengan pemilik kosan mengenai tambahan biaya listrik.
  10. Terakhir pilih kosan yang aliran air lancar 24 jam, terang, bersih, dan cukup ramai agar kamu aman dari kejahatan.
  11. Ini adalah opsional yah. Fasilitas Wi-Fi dan air panas biasanya dikenakan biaya tambahan dan itu muaahhaaalll. Jika kamu mau berhemat, maka pilih kosan yang dekat dengan warnet dan kampus.

Kamu dah dapat kosan belum? Kosan seperti apa yang aman dan nyaman bagi kamu? ayo sampaikan komentar kamu di sini yah, itu bakal bermanfaat banget buat pembaca lainnya.

Iklan

Published by

indrihandayani

Indri, begitu panggilannya, adalah seorang make-up artist dan esthetician, spesialis di bidang Artistry dan kini sedang belajar mengenai fitonutrisi. Dia tergabung ke international entrepreneurial membership of TQG, suatu sistem entrepreneurship internasional yang memiliki teknik teruji dan ada cabang di berbagai negara. Ngeblog adalah Passion dan berdagang adalah pilihan hidup. Baginya, Shinhwa itu vitamin dan kalo udah selesai semua kerjaan, dia mengisi waktu dengan kristikan sambil menikmati personally brewing of iced americano.

Satu respons untuk “Ada 10 tips memilih kosan terbaik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s