Polifenol dalam teh hijau untuk perawatan kulit

Teh hijau atau Camillia sinensis biasa dikonsumsi sebagai minuman herbal berkhasiat dan beberapa dekoade terakhir polifenol dari teh hijau ini menjadi bagian dari bahan-bahan perawatan kulit seperti pada pembersih wajah dan pelembab. Polifenol yang terkandung dalam teh hijau ini berkhasiat sebagai anti oksidan dan anti bakteri. Oleh sebab itu pada pelembab yang mengandung ekstrak teh hijau (green tea) bermanfaat sebagai anti oksidan. Oksidasi pada kulit diakibatkan oleh polusi udara dan zat kimia berbahaya, itulah yang menjadi salah satu penyebab kanker kulit. Sementara ekstrak teh hijau pada pembersih wajah bermanfaat sebagai anti bakteri. Kulit yang mengalami iritasi dari jerawat juga dapat dirawat dengan produk perawatan wajah yang mengandung polifenol.

Konsumsi teh secara teratur diketahui memiliki berbagai manfaat seperti peningkatan status antioksidan di dalam tubuh yang berperan dalam menurunkan angka kejadian kanker, penyakit jantung koroner, atherosclerosis, stroke, mengurangi inflamasi dan meningkatkan sensitivitas insulin. Berbagai manfaat yang diperoleh dari konsumsi teh ini berasal dari kandungan zat (phytochemical) di dalam teh itu sendiri, khususnya asam fenolat, flavonoid, catechin (C), epicatechin (EC), epicatechin-3-gallate (ECG), gallocatechin (GC), epigallocatechin (EGC) dan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dan turunan flavanol lainnya. Kandungan polifenol di dalam teh ini memberi manfaat melalui aktivitas “ pembersihan” radikal bebas , antioksidan dan metal complexing actions.

Referensi:

Green tea and skin

Aktivitas polifenol pada teh hijau

Polifenol efektif menghilangkan jerawat?

Teh hijau, tanaman sejuta manfaat

 

 

Minum teh minimal 3 cangkir tiap hari supaya berasa manfaatnya

Setiap pagi biasanya kita suka menyeduh teh hitam celup pakai gula supaya energi bertambah dan memang kita menjadi bertenaga setelah meminum teh manis hangat di pagi hari. Kalo gak minum teh serasa ada yang kurang gitu yah… tapi pernah gak sih kamu coba minum teh hijau di pagi hari? gak pake gula loh ya… soalnya nih teh hijau baik untuk kesehatan. Konon teh hijau bisa menurunkan berat badan juga. Huiiihhh aku juga mau tuh.

Polifenol dalam kandungan teh berupa epigallokatekin galat (EGCG) membantu meningkatkan metabolisme. Metabolisme yang baik membantu menurunkan berat badan. Tapi itu kudu minum berapa gelas per hari yah?  menurut penelitian, kita sebaiknya minum teh hijau sebanyak 3 – 10 gelas per hari. WOW, bisa kenyang air itu sih ahahahaha… abis sarapan, minum teh hijau. Trus pas jam 10 pagi, minum teh hijau. Ntar pas makan siang, kita minum teh hijau lagi. Mau pulang kerja gak lupa minum teh hijau. Abis makan malam minum teh lagi. Huiiiihhh kayaknya kudu sedia termos juga tuh jadi gak perlu bolak-balik menyeduh teh hijau.

Pada studi yang melibatkan 262 pria Jepang berusia 30 ke atas, Sasazuki et al. (2000)
membuktikan bahwa mereka yang mengkonsumsi teh hijau 2-4 cangkir sehari
mempunyai risiko menderita aterosklerosis yang lebih rendah. Peneitian pada 9510
perempuan Jepang di atas 40 tahun membuktikan bahwa angka kejadian stroke akan lebih
rendah pada populasi yang minum teh hijau 3-5 cangkir sehari dibandingkan dengan yang
minum kurang dari itu.

Okay… okay… intinya mah minum teh hijau lebih baik daripada teh hitam karena kandungan polifenol pada teh hijau yang bermanfaat bagi kesehatan lebih tinggi. Sib deh, aku juga dah nyetok ini teh hijau gambung dari perkebunan teh kita, Indonesia tercinta. Sekarang kamu lebih suka minum teh hitam atau teh hijau? gak pake gula loh ya…

Referensi:

Perbandingan kadar polifenol pada teh hijau seduh

Aktivitas polifenol pada teh hijau

10 makanan yang mengandung polifenol

Teh hijau tanaman herbal sejuta manfaat

Miko bertemu dengan dokter hewan

Mumpung masih jam 8 pagi, aku buru-buru ke bank untuk bertemu dengan customer service. Keramahan mereka membangkitkan semangat 45, beneran. Pak satpam yang ramah dan sopan membuat aku ingin datang lagi ke sini. Di situ ada meja di mana kita bebas mengambil minuman, tapi aku gak haus. Aku butuh proses yang cepat dan mereka mau membantu, syukurlah.

Setelah ini mau bawa Miko ke petshop sekaligus klinik hewan. Miko harus dimandikan dan aku berharap pak dokter bisa mengobati penyakit yang diderita Miko. Kasihan, kulitnya berdarah-darah dan gak nafsu makan. Miko melewatkan musim kawin di klinik sementara Mochi merajalela mengejar jantan. What should I do? sudah panggilan alam.

Kata dokter, si miko ini kena penyakit kulit. Lalu dia meresepkan salep yang harus dioleskan dua kali sehari. Ada tablet vitamin kunyah untuk membantu regenerasi kulit. Miko… aku juga butuh vitamin untuk regenerasi kulit loh, biar awak awet muda Ko…

Terus pak dokter ngasih si Miko obat anti alergi dan anti biotik. Miko harus menenggak obat ini dua kali sehari. Pak dokter membekalkan aku sebuah spuit sebagai alat pemberian obat kepada Miko. I can do this, Miko, let’s do this together. Total perawatan Miko sebesar 300k udah termasuk mandi. Terakhir, pak dokter menyarankan aku untuk membeli shampo anti jamur khusus buat Miko.

Kok Miko terkena penyakit kulit?

Pasalnya nih Miko kucing blasteran, bukan ras asli melainkan campuran. Dia melanglang buana menelusuri jalan, mendaki gunung, melewati lembah, agar lepas dari majikan terdahulu. Awalnya dia nongkrong di atas genteng, lalu menyusup masuk untuk mencuri makanan Mochi. Setelah dua minggu menjadi penyusup akhirnya dilegalkan menjadi kucing peliharaan kami. Mochi gak senang sebab jatah makanannya terbagi padahal kami akan menyediakan dua piring untuk mereka. Kucing-kucing di rumah ini gak pernah dikandang, mereka berkeliaran ke luar bebas berburu dan bermain ke mana saja termasuk Miko. Sekitar dua minggu belakangan kulit Miko mengelupas lalu berdarah. Aku gak memotret penderitaannya, kasihan. Setelah mendapat perawatan dari dokter, kondisi Miko membaik. Menggaruk-garuk menjadi lebih jarang sekarang. Seminggu lagi Miko dijadwalkan lagi ke dokter hewan untuk memeriksa kondisi kulitnya.

Ini bukan yang pertama kalinya Miko mendapat perawatan. Bulan pertama di rumah, Miko muntah-muntah sampai lemas akibat hilang nafsu makan. Dia sempat gak pulang-pulang tiga hari. Aku pikir dia sudah mati, ternyata dia balik lagi karena kelaparan. Mungkin dia galau yah… putus cinta atau apalah.

Cepat sembuh ya Miko…