Cleansing oil perlu dalam perawatan kulit, bukan baby oil yah

Berdandan bagi wanita karir menjadi rutinitas sehari-hari sebab mereka harus menjaga penampilan di kantor. Penampilan yang baik mendatangkan hal yang baik pula. Gak cuma wanita karir, kini mahasiswi pun berdandan kalo pergi ke kampus, para ibu rumah tangga pun berdandan ketika mengantar-jemput anak sekolah meskipun cuma templokan seringan bedak tabur. Yah kalo wajah lecek-kumel kan bisa bikin kita gak pede yah. Meskipun cuma pakai BB atau CC cream juga disebut berdandan loh. Semua produk kosmetik yang kita gunakan itu digunakan untuk berdandan. Namun nih wajah juga kudu dirawat luar dan dalam. Berikut manfaat merawat kulit wajah:

  1. Menjaga kesehatan kulit
  2. Melembabkan kulit
  3. Memberi nutrisi bagi kulit
  4. Menjaga elastisitas kulit
  5. menjaga kemudaan pada kulit
  6. Melindungi kulit dari dampak polutan
  7. Melindungi kulit dari dampak sinar UV

Banyak yah… dan serangkaian produk perawatan kulit itu ternyata banyak banget. Kita kudu melakukan rutinitas perawatan kulit minimal dua kali sehari apalagi jaman sekarang tuh udara penuh polutan, belum lagi lapisan ozon yang kian menipis. Perawatan dari dalam tubuh juga perlu loh untuk menjaga kesehatan, meningkatkan stamina, dan melindungi tubuh dari bahaya oksidasi. Huiiiihhhh… banyak banget yang harus dilakukan demi menjaga kecantikan. Gak usah ditanya deh, bagi perempuan kecantikan itu aset penting baik itu inner beauty maupun outter beauty. Yup!

Langkah yang paling awal nih untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit bagi kamu yang suka berdandan adalah membersihkan wajah dari kotoran dan kosmetik minimal dua kali sehari yaitu pagi dan malam. membersihkan wajah dari kotoran dan kosmetik bisa menggunakan makeup remover dan cleansing oil yah. Makeup remover tuh biasanya diperuntukkan membersihkan kosmetik di area mata dan bibir, sementara cleansing oil bermanfaat untuk membersihkan area wajah dari kotoran debu dan kosmetik tanpa meninggalkan residu yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Dulu, banyak orang membersihkan kosmetik dengan menggunakan baby oil dan itu berhasil tapi meninggalkan residu minyak yang justru menyumbat pori-pori. Akhirnya wajah bukannya bersih cling, malah muncul komedo bahkan berjerawat!

Nih beberapa alasan kenapa kita perlu membersihkan wajah dari kotoran dan kosmetik dengan menggunakan cleansing oil:

  1. Sabun itu mengangkat ‘minyak baik’ yang diproduksi kulit secara alami.
  2. Sabun itu membuat kulit wajah kering.
  3. Sabun gak mampu mengangkat sisa kosmetik yang mengendap di dalam pori-pori kulit.
  4. Kalo membersihkan sisa kosmetik pake scrub juga gak ampuh sebab fungsi scrub itu untuk mengangkat sel kulit mati, yang ada nih kulit makin kering dan bakal terasa perih jika dipakai setiap hari.
  5. Baby oil dapat mengangkat kosmetik namun meninggalkan residu dan menyumbat pori-pori kulit sehingga muncullah komedo. Hadeuuuuhhh…
  6. Langkah yang paling bijak adalah mengikuti perkembangan teknologi dan pilih produk pembersih yang DIJAMIN dan BERSERTIFIKAT sehingga aman digunakan setiap hari.

Maka dari itu, teknologi yang semakin canggih ini menghasilkan produk kosmetik yang inovatif seperti cleansing oil yaitu pembersih yang mengandung minyak. Gampangnya, ‘minyak baik’ yang terkandung dalam cleansing oil ini mengangkat dan menyapu bersih kotoran dan ‘minyak jahat’ yang menempel pada pori-pori kulit, keren kan? ‘minyak baik’ ini berasal dari botani dengan teknik pemrosesan yang canggih. Duh kalo ngejelasin teknologi dan penjabaran kimiawi, aku bukan ahlinya. Intinya mah nih cleansing oil dengan kandungan yang terkandung di dalamnya mampu membersihkan kotoran dan sisa kosmetik tanpa membuat kulit kamu kering dan elastisitas kulit tetap terjaga.

Misalnya nih, kamu berdandan buat ke pesta atau hangout atau bahkan mau bikin video tuh. Pastinya kamu membersihkan tuh kosmetik setelah semua perkerjaan kamu selesai kan? menggunakan pembersih wajah regular kebanyakan membuat kulit kamu kering loh karena sabun itu mengangkat kandungan minyak pada kulit yang diproduksi oleh kulit secara alami, juga merubah pH kulit. Berasa kan? aku pernah merasakan itu sebelumnya ketika mereview banyak kosmetik dalam satu hari. Dalam satu hari itu juga aku berkali-kali membersihkan wajah dari kosmetik menggunakan permbersih wajah yang BUKAN cleansing oil dan hasilnya? mmmhhh… nih wajah menjadi perih dan suuuper sensitif. Thanks to technology, kini aku setia pake cleansing oil jika berurusan dengan kosmetik.

Gimana? kamu mo coba pake cleansing oil? yuk lihat rekomendasi cleansing oil di sini.

 

Iklan

Polifenol dalam teh hijau untuk perawatan kulit

Teh hijau atau Camillia sinensis biasa dikonsumsi sebagai minuman herbal berkhasiat dan beberapa dekoade terakhir polifenol dari teh hijau ini menjadi bagian dari bahan-bahan perawatan kulit seperti pada pembersih wajah dan pelembab. Polifenol yang terkandung dalam teh hijau ini berkhasiat sebagai anti oksidan dan anti bakteri. Oleh sebab itu pada pelembab yang mengandung ekstrak teh hijau (green tea) bermanfaat sebagai anti oksidan. Oksidasi pada kulit diakibatkan oleh polusi udara dan zat kimia berbahaya, itulah yang menjadi salah satu penyebab kanker kulit. Sementara ekstrak teh hijau pada pembersih wajah bermanfaat sebagai anti bakteri. Kulit yang mengalami iritasi dari jerawat juga dapat dirawat dengan produk perawatan wajah yang mengandung polifenol.

Konsumsi teh secara teratur diketahui memiliki berbagai manfaat seperti peningkatan status antioksidan di dalam tubuh yang berperan dalam menurunkan angka kejadian kanker, penyakit jantung koroner, atherosclerosis, stroke, mengurangi inflamasi dan meningkatkan sensitivitas insulin. Berbagai manfaat yang diperoleh dari konsumsi teh ini berasal dari kandungan zat (phytochemical) di dalam teh itu sendiri, khususnya asam fenolat, flavonoid, catechin (C), epicatechin (EC), epicatechin-3-gallate (ECG), gallocatechin (GC), epigallocatechin (EGC) dan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dan turunan flavanol lainnya. Kandungan polifenol di dalam teh ini memberi manfaat melalui aktivitas “ pembersihan” radikal bebas , antioksidan dan metal complexing actions.

Referensi:

Green tea and skin

Aktivitas polifenol pada teh hijau

Polifenol efektif menghilangkan jerawat?

Teh hijau, tanaman sejuta manfaat

 

 

Minum teh minimal 3 cangkir tiap hari supaya berasa manfaatnya

Setiap pagi biasanya kita suka menyeduh teh hitam celup pakai gula supaya energi bertambah dan memang kita menjadi bertenaga setelah meminum teh manis hangat di pagi hari. Kalo gak minum teh serasa ada yang kurang gitu yah… tapi pernah gak sih kamu coba minum teh hijau di pagi hari? gak pake gula loh ya… soalnya nih teh hijau baik untuk kesehatan. Konon teh hijau bisa menurunkan berat badan juga. Huiiihhh aku juga mau tuh.

Polifenol dalam kandungan teh berupa epigallokatekin galat (EGCG) membantu meningkatkan metabolisme. Metabolisme yang baik membantu menurunkan berat badan. Tapi itu kudu minum berapa gelas per hari yah?  menurut penelitian, kita sebaiknya minum teh hijau sebanyak 3 – 10 gelas per hari. WOW, bisa kenyang air itu sih ahahahaha… abis sarapan, minum teh hijau. Trus pas jam 10 pagi, minum teh hijau. Ntar pas makan siang, kita minum teh hijau lagi. Mau pulang kerja gak lupa minum teh hijau. Abis makan malam minum teh lagi. Huiiiihhh kayaknya kudu sedia termos juga tuh jadi gak perlu bolak-balik menyeduh teh hijau.

Pada studi yang melibatkan 262 pria Jepang berusia 30 ke atas, Sasazuki et al. (2000)
membuktikan bahwa mereka yang mengkonsumsi teh hijau 2-4 cangkir sehari
mempunyai risiko menderita aterosklerosis yang lebih rendah. Peneitian pada 9510
perempuan Jepang di atas 40 tahun membuktikan bahwa angka kejadian stroke akan lebih
rendah pada populasi yang minum teh hijau 3-5 cangkir sehari dibandingkan dengan yang
minum kurang dari itu.

Okay… okay… intinya mah minum teh hijau lebih baik daripada teh hitam karena kandungan polifenol pada teh hijau yang bermanfaat bagi kesehatan lebih tinggi. Sib deh, aku juga dah nyetok ini teh hijau gambung dari perkebunan teh kita, Indonesia tercinta. Sekarang kamu lebih suka minum teh hitam atau teh hijau? gak pake gula loh ya…

Referensi:

Perbandingan kadar polifenol pada teh hijau seduh

Aktivitas polifenol pada teh hijau

10 makanan yang mengandung polifenol

Teh hijau tanaman herbal sejuta manfaat

Radiasi sinar UV mengakibatkan kulit mengeriput dan bercak hitam

Haduuuuhhh kulit mengeriput sebelum umurnya? jangan dong… bisa merusak penampilan kan. Makanya memakai sunblock itu disarankan oleh dokter kulit. Pasalnya sinar UV ini begitu halus tak kasat mata yang dapat menembus masuk ke lapisan kulit. Aaahhh pantesan yah nih kulit suka gosong kalo berjermur di tanah lapang siang-siang bolong. Mmmhhh ngapain juga berjemur siang-siang, ya nggak?

Sinar UV begitu haluuusss, gak kelihatan dengan mata telanjang tapi dampaknya langsung kelihatan yah seperti munculnya bercak-bercak hitam akibat pigmentasi yang disebabkan oleh meningkatnya kadar melanin di bawah jaringan epidermis, trus kulit mengeriput karena radiasi sinar UV merusak jaringan kulit. Banyak kasus kanker kulit diakibatkan oleh dampak negatif sinar UV loh. Oh my God… mudah-mudahan kita gak kena penyakit itu yah.

Terus nih… banyak juga kasus penderita katarak, penyakit mata, yang disebabkan oleh radiasi sinar UV. Aku teringat orang-orang barat yang demen pake kacamata reben. Nah kalo kita pake kacamata hitam aja langsung digoda, diledekin gitu kan yah padahal menggunakan kacamata hitam itu penting banget untuk melindungi kornea dari radiasi sinar UV. Jadi kalo siang terik nih, pakai deh kacamata reben. Gak bermerek juga gak masalah, yang penting fungsinya itu loh.

Baca juga: area tubuh yang harus dibaluri sunblock

Gitu kakak… ceritain dong bagaimana dampak negatif sinar UV pada kulit kakak, caranya cukup sampaikan komentar kakak di sini yah.

Rekomendasi sunblock yang ramah di kantong

Wardah sunscreen gel SPF 30 Rp.32,000.-

Rekomendari sunblock yang agak mahal

L’oreal UV perfect SPF 50 Rp.187,000.-

Rekomendasi sunblock yang muahaalll tapi jaminan TOP quality

Pastinya! aku rekomendasiin banget sunblock dari Artistry SPF 50+