Mahasiswa baru, kosan baru, ada 12 barang yang penting

Mencari kosan tuh susah loh apalagi buat cewek yah karena papa-mama kamu ingin memastikan keamanan kamu selama tinggal berjauhan dari orangtua selama bertahun-tahun ke depan, sampai lulus kuliah. So, berbaik budi lah kepada papa-mama yah sebab dalam hati kecil mereka sebenarnya berat melepas kepergian kamu, meninggalkan kamu tinggal sendirian di tanah rantau, mau cowok atau cewek sama aja. Tuh papa-mama kamu sebenarnya pengen nangis tau, beneran deh. So, kamu kudu ingat mereka yah ketika udah ngekos nanti, telepon tuh papa-mama minimal seminggu sekali. Yey… jangankan seminggu sekali yah, banyakan tiap hari malah saking gak betahnya tinggal sendirian di kamar sempit, semua-mua di situ; kasur, lemari, dapur, kamar mandi, meja belajar, tipi… semuaaaa… makanya kamu kudu bikin kamar kosan itu senyaman mungkin, dandanin dah tuh kamar supaya kamunya betah. Kita dulu sampai ngecat kamar sendiri loh, ada yang serba pinky, ada yang gloomy, ada yang ogah ngecat dan pengennya tetap minimalis. No problem asalkan kita betah kan ya…

So ini barang-barang yang harus kamu beli atau sediakan di kamar kosan mulai dari tahun pertama masuk kuliah atau kampus supaya kamu nyaman dan betah dan menjadi salah satu cara sukses merantau sampai lulus kuliah:

  1. Sprei set dan selimut favorit.
  2. Peralatan mandi, keranjang mandi, handuk besar dan kecil.
  3. Peralatan kebersihan; sapu, pel, brush kamar mandi, brush toilet, 2x ember, gayung, sabun cuci piring, wipol, pembersih lantai.
  4. Laundry; deterjen, pewangi/pelicin pakaian, setrika, klip jemuran.
  5. Peralatan makan dan minum; 2x piring, 2x mangkok, 2x sendok, 2x garpu, 2x gelas, 1 ceret (teko).
  6. Water heater.
  7. Rice cooker.
  8. Lampu meja belajar.
  9. Jemuran handuk.
  10. Rak sepatu.
  11. Seperangkat gadget; laptop/desktop PC dan smartphone.
  12. Sembako; beras, garam, gula, teh, susu, selai, roti.

Ada 12 kelompok barang yang perlu dan penting kamu sediakan di awal tahun kuliah. Kalo papa-mama punya anggaran, kamu bisa minta beliin televisi. Tapi jaman sekarang mah yang penting koneksi internet kan yah?

Apakah informasi ini bermanfaat bagi kamu? silahkan sebarkan informasi ini kepada kolega atau saudara yang membutuhkan. Trus beri juga dong komentar kamu di sini… pembaca lain sangat membutuhkannya.

 

Iklan

Ada 10 tips memilih kosan terbaik

Kuliah di universitas favorit menjadi impian semua siswa yang baru lulus. Ketika berita kelulusan ujian masuk perguruan tinggi diumumka, semua orang bersorak gembira bahkan sujud syukur atas rejeki yang diberikan-Nya. Kamu lulus masuk ke perguruan tinggi negeri itu rejeki loh. Eeettt jangan salah, ujian masuk perguruan tinggi swasta favorit juga gak kalah susahnya loh. Menjadi bagian dari mahasiswa di universitas favorit baik itu negeri dan swasta itu suatu kebanggaan bagi orangtua. Makanya ketika kamu lulus, tuh papa-mama bela-belain nemanin kamu ke ujung dunia buat mencari kos-kosan yang aman dan nyaman buat kamu soalnya kamu bakal menjalani kehidupan baru sendirian selama empat tahun, tanpa kehadiran orangtua. Huiiihhhh syeraaammm…

Gak…

Hidup mandiri itu baik kok dan kamu juga bakal bertemu dengan teman baru yang senasib sepenanggungan hahaha. Sama-sama cekak… sama-sama bolos kuliah… sama-sama di organisasi kemahasiswaan… sama-sama ngekos… sama-sama apalagi yah? banyak deh… berteman dengan teman kosan pasti seru banget dan sewajarnya kamu berbuat baik kepada mereka sebab mereka lah pengganti keluarga kamu ketika hidup berjauhan dari orangtua. So, kamu kudu pilih teman kosan yang baik. Teman kosan yang baik berada di kos-kosan yang baik pula, beneran. Berikut tips mencari kos-kosan yang aman dan nyaman:

  1. Sesuaikan tarif kosan dengan anggaran keuangan papa-mama kamu yah, jangan sampai orangtua kita keteteran banting-tulang kesana-kemari demi membayar uang sewa kosan yang mahalnya selangit. Kosan yang murah bukan berarti buruk loh.
  2. Perhatikan lokasi kosan. Lokasi yang paling baik adalah dekat dengan kampus, bisa ditempuh dengan berjalan kaki, berada di jalan arteri (bukan di pinggir jalan raya), dan usahakan berada dekat dengan gedung kos-kosan lainnya, hindari juga lokasi kosan yang jauh dari keramaian. Apalagi perempuan nih… kamu kudu cari lokasi kosan yang ramai penduduk, berada di kawasan kos-kosan mahasiswa, dan dekat dengan kampus. Soalnya kamu bakal pulang larut malam suatu saat.
  3. Pilih kosan yang khusus putri atau putra. Hindari kosan umum yah, apalagi buat putri nih. Soalnya suatu saat orangtua bakal datang mengunjungi kita dan butuh tempat menginap. Kalo kosannya campur putra-putri bakalan gak nyaman banget tuh. Kebanyakan fakta nih, kalo kita dulunya ngekos di kos-kosan khusus putri, maka teman-teman kosan kita itu bakal menjadi sahabat sampai nenek-nenek loh dan kehidupan mahasiswa kamu lebih seru! senasib – sepenanggungan kan…
  4. Kamar mandi di dalam! ini penting banget demi menjaga kesehatan kelamin okay… kosan dengan fasilitas kamar mandi di dalam memang lebih mahal daripada kosan dengan kamar mandi umum. Sesuaikan dengan anggaran keuangan lalu pilih kosan dengan kamar mandi paling bersih, lantai keramik, dan WC bersih.
  5. Pilih kosan dengan fentilasi cukup terang, supaya kamunya gak sakit-sakitan, gak lesu.
  6. Trus perhatikan alur pembuangan sampah, apakah ada yang mengumpulkan sampah rumah tangga kamu lalu dikumpulkan di TPS atau dibuang ke sungai? dibuang ke selokan? amit-amit deh… sebagai masyarakat yang bertanggung-jawab, sebaiknya kita memilah sampah dan buang sampah pada tempatnya kan.
  7. Pilih kosan yang menyediakan dapur umum dan ada kulkasnya juga. Makanan di warung gak semuanya sehat dan terkadang menguras kantong loh. Meskipun cuma masak telur dadar di dapur, itu lumayan menghemat juga.
  8. Pilih kosan yang membolehkan orangtua kita menginap tanpa dipungut bayaran maksimal tiga hari. Ada juga kosan yang memungut bayaran ke orangtua kita yang menginap dan itu sumpah mengesalkan. Mana orangtua datang jauh-jauh datang dari kampung, hadeuuuhhh…
  9. Pilih kosan yang membolehkan kamu membawa rice cooker dan water heater tanpa dipungut bayaran listrik tambahan. Come’on… rice cooker dan water heater itu watt-nya kecil dan dipakainya juga jarang. Kalo kamu bawa TV dan kulkas, well… mungkin itu memerlukan kesepakatan dengan pemilik kosan mengenai tambahan biaya listrik.
  10. Terakhir pilih kosan yang aliran air lancar 24 jam, terang, bersih, dan cukup ramai agar kamu aman dari kejahatan.
  11. Ini adalah opsional yah. Fasilitas Wi-Fi dan air panas biasanya dikenakan biaya tambahan dan itu muaahhaaalll. Jika kamu mau berhemat, maka pilih kosan yang dekat dengan warnet dan kampus.

Kamu dah dapat kosan belum? Kosan seperti apa yang aman dan nyaman bagi kamu? ayo sampaikan komentar kamu di sini yah, itu bakal bermanfaat banget buat pembaca lainnya.